Spiga

salamsuper

Dua Mainan Baru.

Long weekend kali ini tidak bisa kemana-mana. Bukan karena tidak ingin sedikit refresing, tetapi hari minggu-nya ada acara yang tidak bisa ditinggalkan. So weekend kali ini dihabiskan di Jakarta saja. Untungnya hari-hari tidak dilewatkan dengan kejenuhan, karena harus bisa memecahkan misteri MDX Query, yang e-book-nya baru bisa didownload jum’at sore.

Hal lainnya yang membuat sedikit terhibur adalah dengan adanya 2 mainan baru yaitu ponsel N6680 dan P900. Ceritanya perusahaan akan melakukan test terhadap suatu software, yang men-syaratkan ponsel type tersebut. Kebetulan kali ini ditugaskan untuk menagani project tersebut, sekaligus sebelumnya hunting ke-2 ponsel itu. Agak susah juga mencari P900-nya karena sudah tidak ada yang baru, maklum alat ini diproduksi tahun 2003. Tetapi alhamdulillah dengan susah payah akhirnya jum’at siang ke-2 ponsel itu bisa juga didapatkan.

Mengutak atik ke-2 ponsel ini cukup asyik juga, maklum bukan orang type latah seh, yang suka gonta ganti handphone (halah.. alasan aja gak punya duit he…he..). Mungkin bagi anda yang sudah lama memakai ponsel type ini akan keliahatan basblang bin norak, lah sekarang sudah banyak muncul ponsel yang jauh lebih canggih.



Gambar pertama diatas adalah hasil jepretan P900, dan yang ke-2 hasil jepretan N6680.

Berikut adalah kutipan informasi tentang ke-2 ponsel tersebut.

N6680

Nokia 6680, salah satu smartphone terbaru dari Nokia, sang pelopor telekomunikasi asal Finlandia. Punya 2 (dua) buah kamera ganda lengkap dengan video recorder dan lampu flash serta layar full colour 262K warna. Disain yang dibuat sangat simpel, begitu juga dengan pemakaiannya yang user friendly.
Posisi kamera terletak di depan dan bagian belakang ponsel (telepon selular). Kamera depan merupakan jenis VGA dengan resolusi 640 x 480 piksel sedangkan kamera yang terletak di belakangnya, dilengkapi dengan fungsi slide dan pengontrol brightness. Lensa yang berkualitas tinggi akan membidik objek foto dengan lebih tajam. Tone warna foto bisa diubah sesuai dengan selera anda, termasuk untuk warna sepia, dan hitam-putih.
N6680 juga merupakan ponsel serba bisa yang mampu melaksanakan beberapa tugas dalam waktu yang bersamaan alias multitasking. Contohnya pada saat melakukan video call, anda tetap dapat mengaktifkan fitur kameranya.
Tool multi fungsi yang berbobot 133 gram ini juga memungkinkan anda untuk melakukan berbagai macam layanan multimedia seperti video sharing, mengecek email, membuka slide kamera, dsb......Sumber : Sellular Shop

P900
Di penghujung bulan Oktober 2003, Sony Ericsson meluncurkan telepon seluler (Ponsel) P900 yang merupakan perbaikan dari P800 dengan tampilan layar lebih baik, kemampuan rekaman video, dan memorinya lebih besar.
Jadi kemunculan P900 ini, hanya menambah beberapa fitur yang lupa dimasukkan para insinyur Sony Ericsson di P800. Misalnya, jumlah warnanya dari 4096 menjadi 65.536 warna. Sedangkan display P800 sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari pemakai. Jadi, adanya tambahan tambahan warna ini akan berpengaruh pada hasil rekaman video. Dan lebih banyak lagi permainan game canggih di seri ini.
P900 masih berbasiskan sistem operasi (OS) Symbian 0S dan UIQ user interface- sama dengan kepunyaan P800. Ruang penyimpanan di Flash Memory ditambah dari 32 MB menjadi 48 MB. Ada lagi tambahan 32 MB Memory Stick Duo yang sudah masuk dalam paket penjualan- sementara P800 hanya 16MB.

Selain itu, Sony Ericsson menawarkan layanan baru untuk P900 ini, yaitu update ponsel secara online. Sehingga pengguna dapat mengambil software (perangkat lunak) versi terkini secara langsung lewat internet.
Personalisasi Ponsel juga jadi perhatian di P900 ini. Ada background, screensaver, personal ringtones dapat langsung di-download dari situs Sony Ericsson langsung. Bahkan dengan P900 ini dapat mengubah theme di Ponsel.
P900 juga men-support T9, sehingga memudahkan pemakai untuk memilih huruf dengan cepat. Hal ini tak ada di P800.
Secara keseluruhan, mesin Ponsel P900 lebih baik dari P800. Tampilan luarnya lebih manis, beratnya lebih ringan dan banyak hal lain diperbaiki di P900- termasuk kemampuan PDA (personal digital assistant). Secara umum, tampilan display layarnya juga sangat baik dan aplikasi sistem operasi (OS) berjalan ngacir.
Beberapa perbaikan dibandingkan P800:
- Mendukung file MP3 sebagai ringtones.
- Bluetooth dengan metode transfer FTP
- MMS dalam bentuk Video
- Full screen MMS preview
- Aplikasi File manager
- Aplikasi MP3 baru
- Communicorder (perekam video). Dibatasi banyaknya memori.....Sumber : Sellular Shop

Wah…dengan hadirnya ke-2 mainan ini, semakin diperbudak alat-alat teknologi neh. Karena fitur nya lumayan lengkap, waktu seharian pada hari sabtu meng-otak-atik ke-2 ponsel ini, belum cukup untuk menguasai semua apikasi dalam ponsel ini.

0 komentar: