Spiga

Fenomena Kemiripan

Maha suci Allah swt yang telah menciptakan mahlukknya dengan ciri khas tertentu. Bayangkan saja kalau manusia ini diciptakan sepertihalnya produk masal yang diciptakan manusia, pasti akan sulit meng-identifikasi-nya. Gak kebayang kalau manusia diciptakan dengan menggunakan mesin pencetak, apa yang akan terjadi, pasti banyak yang ketuker :-D. Tapi dari sekian milyar manusia didunia, tak ada satupun manusia yang sama persis 100%, sekalipun dia kembar, pasti ada bagian tertentu yang membedekannya, sebagai ciri khas yang dia miliki.

Ngomongin masalah kembar dan kemiripan. Ternyata hal ini terjadi pada saya dan istri saya. Kata orang2 istri saya sangat mirip dengan kakak ipar saya (kakak perempuan istri saya). Dan uniknya, saya katanya mirip dengan suami kakak istri saya (suaminya kakak ipar saya).

Oke lah kalau istri saya mirip dengan kakaknya, karena memang mereka adik-kakak. Tapi saya dan suami kakak ipar saya, tidak ada hubungan saudara sama sekali sebelumnya, wong kenalnya aja setelah saya menikahi istri saya he..he...

Gak tahu apakah suami kakak ipar saya pernah salah meng-identifikasi istrinya dengan istri saya sebelumnya. Tetapi saya hampir salah meng-identifikasi istri saya dengan kakak ipar saya, ketika awal2 menikah. Ceritanya begini..., ketika istri saya belum tinggal bersama saya di Jakarta, seperti kebanyakan teman yang punya keluarga di Bandung, saya juga tiap akhir pekan pulang ke Bandung (Rumah Mertua). Ada kebiasaan yang tidak pernah kami lewatkan ketika saya sehabis pulang beraktifitas, setelah mengucapkan salam, istri saya pati cium tangan kanan saya, saya peluk dia, dan saya cium keningnya. Tetapi ada yang agak ganjil ketika saya datang waktu itu, di ruang tamu ada sosok yang mirip istri saya sedang duduk di kursi, saya hampir salah meng-identifikasi, karena kebetulan baju yang dipakainyapun, sama dengan yang biasa dipakai istri saya.

Seperti biasa saya ucapkan salam, dia hanya menjawab dengan seadanya, raut wajahnya datar, dan tidak beranjak sedikitpun dari tempat duduknya, saya sempat berpikir ada apa gerangan dengan istriku ini. Tetapi setelah saya masuk ke rumah, ada sosok wanita satu orang lagi yang menghampiri saya, dan langsung mencium tangan saya, dan ternyata ini istri saya yang bener. Astagfirullah..., untung wanita tadi tidak saya peluk, kalau saya peluk bisa kacau neh urusan, karena wanita yang ada didepan tadi adalah kakak ipar saya ha..ha... Tidak lama dari kejadian itu, untuk menjaga kesalahan yang lebih fatal, saya memboyong istri saya ke Jakarta :-D.

Kejadian berikutnya, yang salah meng-identifikasi adalah Alum. Alum adalah keponakan saya dari kakak ipar yang saya ceritakan tadi, yang usianya baru berumur 1,5 Tahun. Kira2 2 minggu kemarin saya dan istri berkunjung ke rumah mertua. Ketika melihat saya, Alum memandangi saya sangat lama, seolah dia mengingat2 sesuatu yang dia kenal, dan setelah itu dia ingin saya gendong dan memanggil saya dengan sebutan "Ayah" hah....?, dan dia tidak mau lepas dengan saya, sekalipun ibunya yang mau gendong. Sampai2 ketika saya mau pulang juga, Alum menangisi saya dan memanggil-manggil "Ayah" , Gawat neh.....

Read More..

Akhirnya Datang Juga...

Alhamdulillah akhirnya setelah hampir enam minggu menunggu, datang juga kiriman dari cononical. Saya pesan Ubuntu 8.10 Desktop Edition 5 CD, dan Ubuntu 8.10 server edition 1 CD, alhamdulillah semuanya disetujui dan dikirim, malah dikasih bonus 4 sticker, saya hanya menebusnya sebesar Rp 3.000 ke Pak Pos sebagai pengganti kiriman dari kantor Pos ke kantor saya, hmm...sangat murah bukan? :-D. Walaupun memang di Laptop saya sudah diisi Super Ubuntu (SU) yang merupakan paket remastering dari ubuntu 8.10 Dekstop Edition. Dua Minggu sebelumnya saya tidak sabar untuk dowload SU dari mirror unej karena pesanan dari cononical tak kunjung datang. Tapi gak masalah CD yang dikirim dari cononical tetep bermanfaat, dibagi ketemen-temen yang pesanannya tak kunjung sampai. Sisa di saya sekarang tinggal 3 CD, 2 versi Desktop dan 1 versi Server, lumayan untuk koleksi, saya masih mau memberikan 1 CD lagi versi Desktop siapa yang mau? .

O..yah, tadi saya cerita Super Ubuntu. Bagi yang belum tahu apa itu Super Ubuntu (SU), saya akan ulas sedikit. SU merupakan paket remastering Ubuntu 8.10, dimana didalamnya sudah ditambahkan paket2 tambahan yang belum ada di ubuntu 8.10. Contohnya software pengolah gambar GIMP, software mutimedia VLC, termasuk paket OpenOffice-nya juga sudah menggunakan OpenOffice 3.0, berbeda dengan rilis ubuntu 8.10, yang masih menggunakan OpenOffice 2.4. Masih banyak lagi paket software yang ditambahkan di SU. So bagi anda yang tidak mau repot seperti saya, untuk menginstal paket tambahan seperti codec ketika mau muter mp3 dan video, SU merupakan pilihan terbaik.

Read More..

Be Strong

Be Strong
by : Mario Teguh
===
Bila engkau mengerti, engkau akan bersabar.
Bila engkau bersabar, engkau akan dikasihi Tuhan;
karena kesabaran mu datang dari pengertian mu,
dan pengertian mu datang dari keberserahan mu kepada Tuhan.

Maka berketetapanlah setelah engkau memutuskan,

karena

Di awal dari masa-masa yang kejelasannya masih terselubung, tugas mu adalah untuk memulai.


Janganlah engkau tercegah dari memulai sesuatu yang baik, hanya karena belum lengkap pengetahuan mu tentang hal itu.


Lakukanlah, karena di dalam melakukannya itu lah engkau akan dibuat mengetahui.



Dan di dalam melakukannya itu lah, para malaikat akan meletakkan yang kau cari - di hadapan langkah mu, agar engkau menemukannya.

Sehingga sebetulnya,

Wahai Hati Yang Mencari,
Tidak ada kuasa mu untuk menemukan,
kecuali di buat menemukan.

Engkau tidak akan mampu menemukan yang kau cari, tanpa dibuat menemukan yang kau cari.

Maka jadikanlah diri mu pribadi yang diutamakan, agar diutamakan penemuan-penemuan mu.

Yang sekarang harus kau mengerti dengan lebih baik, adalah tujuan dari pengutamaan mu.

Engkau diutamakan agar engkau menjadi Peneladan Kebaikan, Penganjur Kebaikan, dan menjadi Pengharus Kebaikan.


Di dalam pengertian itulah terurutkan tempat-tempat naik mu. Dan engkau tidak akan dinaikkan tanpa pemeliharaan untuk menjadi yang berwenang di tempat-tempat tugas mu.

Maka mulailah di masa yang baru ini, untuk menjadi Peneladan Kebaikan, untuk kemudian naik menjadi Penganjur Kebaikan, dan kemudian untuk menjadi Pengharus kesetiaan kepada Kebaikan.

Kemudian sadarilah,
bahwa dalam tugas mu sebagai Pengharus Kebaikan – engkau tidak terbebaskan dari keharusan untuk tetap menjadi Peneladan Kebaikan,
karena tanpanya – engkau tidak akan bertenaga sebagai Penganjur Kebaikan,
dan kehilangan kepantasan untuk menjadi Pengharus Kebaikan
. . .
(MT; Year end note 2007 'Hati yang mencari')

Read More..

HERO

HERO
By: Mario Teguh

Seorang Hero adalah pribadi yang menjadikan dirinya dan cara-caranya sebagai penyebab kehidupan yang baik pada orang lain.(MT)

Tak dapat dipungkiri dan tanpa ragu bahwa nama-nama indah yang terpahat di sudut-sudut kota kita ini, sudah sepatutnya mendapat gelar kepahlawanan, mereka sudah memantaskan diri dengan pergolakan heroic yang luar biasa dimasanya itu.

Bagi genarasi sekarang yang tentu kita tidak sesederhana sekedar “perjuangan”. Pribadi-pribadi seperti mereka itu telah tertanam nilai-nilai luhur yang terjaga hingga “nama baiknya” tetap mengharum semerbak wangi walaupun jasad sudah terpisah dari raganya.

Bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak pernah lupa akan para pahlawan-pahlawannya, ini penting tetapi yang lebih penting lagi adalah bagaimana kita mampu mencetak pahlawan-pahlawan baru yang layak dan sesuai cocok dengan Zaman kekinian dan kedisinian. Bukankah demkian?

Saya percaya bahwa diantar para sahabat Indonesia yang Super, Salah satu pribadi yang Tuhan telah pilih menjadi pribadi yang baik, Pribadi yang terpilih itu akan menjadi orang yang namanya tercatat dalam Sejarah , yang senantiasa menjunjung tinggi nilai luhur baik dan berbudi, Sahabat pertanyaan yang perlu kita selalu ingat dari Bapak Mario adalah

Kira-kira Sejarah akan mengingat atau akan mencatat diri anda sebagai apa?(MT)

Bila Hati anda bergetar atas pertanyaan diatas, maka Anda adalah salah satu Orang Besar itu .

Sahabat Indonesia yang Super, Nilai kesejarahan kita yang menentukan kita sendiri, maka tercatatlah sebagai pribadi yang baik, tempatkan diri ditempat yang dimuliakan bukan sebaliknya. Nasehat penting dari Bapak Mario adalah

Jangan lihat diri ini hanya sebagai apa ADA-nya, tetapi
Pastikan kita melihat diri ini sebagaimana apa bisa JADI-nya (MT)

Masa depan Anda bergantung kepada penggunaan terbaik dari kemampuan Anda,
bukan pada kesalahan Anda di masa lalu atau pada keraguan Anda tentang masa depan.(MT)

Sahabat Indonesia, menjadikan Diri Kita Pahlawan Diri Sendiri, yang pada akhirnya akan bermuara pada penyebab kehidupan yang baik bagi orang lain, yakni penyangga Kesuksesan orang lain, pengasah Kecemerlangan orang lain dan boleh jadi sumber Kesejahteraan orang lain.

Bagi Seorang Ayah atau Ibu gunakanlah kwalitas terbaik membangun keluarga dan anak-anaknya, Karyawan atau pimpinan perusahaan dengan lingkungannya mulailah dengan mencontohkan nilai-nilai yang baik, mampu menyarankannya dan jika mampu gunakan kewenangan anda untuk mengharuskannya.

Read More..

Pete Ternyata Obat Sangat Dahysat!

Saya juga tidak tahu persis darimana asal artikel ini, karena tidak jelas ditulis sumbernya, yang jelas artikel ini sudah betebaran di-internet dengan berbagai macam versi dan judul. Saya juga mendapatkan artikel ini dari millis yang saya ikuti. Tetapi karena saya termasuk orang penyuka pete, maka artikel ini saya abadikan dalam blog saya ini.

Setelah mencoba mencari beberapa referensi dari berbagai sumber, tentang komposisi gizi dari makanan ini. Ternayata kandungan gizi dari buah yang satu ini cukup tinggi juga. Salah satu yang saya dapatkan adalah dari Buku Pintar Terbitan Pustaka Warga Negara dengan Editor H.M. Iwan Gayo. Dalam buku ini disebutkan komposisi gizi dari pete sbb:

Bahan Makanan Kalori Protein Lemak Hidtararang Kalsium Fosfor Besi Vit.A Vit.B1 Vit.C Air
(kal) (gr) (gr) (gr) (mg) (mg) (mg) (S.I) (mg) (mg) (gr)
Pete Cina 128 12 6.5 12.4 1500 -100 2.5 17800 0.04 64 67
Pete Segar 142 10.4 2 22 95 115 1.2 200 0.17 36 60.5

Ket :

Vit B dan C dinyatakan dalam satuan miligram. Sedangkan vit A dengan satuan International (S.I). Satuan S.I preformed vit A=0.300 mikrogram vit A-alkohol, atau 0.344 mikrogram vit A-acetate.

Sejak pernikahan saya dengan istri, saya tidak meninggalkan makanan kesukaan saya, yaitu PETE tentunya tidak tiap hari, tapi paling tidak dalam sebulan saya tidak pernah melewatkannya. Walaupun istri saya awalnya kurang begitu menyukai buah yang satu ini, karena tidak tahan aromanya yang khas itu katanya. Padahal ada tips dari seorang teman, kalau mau menghilangkan bau Pete gampang saja, makan lah Jengkol katanya, Ya... iyalah bau Pete akan otomatis hilang, tapi Bau akan digantikan dengan bau jengkol he..he.., ada2 aja.

Tetapi seiring berjalannya waktu makin kesini istri saya mulai mau mencoba pete yang di kukus/digoreng terlebih dahulu, agar baunya tidak terlalu menyengat katanya. Dan saya yakin dia mulai menyukainya, walaupun dengan roman masih malu-malu he..he.., apalagi setelah saya kasih artikel ini, sepertinya dia makin antusias menyukai buah yang satu ini. Bahkan dia akan menjadikan Pete menjadi menu yang paling banyak dikonsumsi selain Tempe he..he..., ini baru istri yang ngerti kesukaan suami.

Rupanya program menu Pete ini mulai diterapkan mulai siang tadi. Istri saya membeli seikat Pete Segar dan 2 ikat Pete Cina, saya pun meminta sekalian dibelikan ikan Peda Merah, karena buah yang satu ini akan semakin mak nyos kalau dipadukan dengan ikan yang satu ini.

Makanan siang suadah siap, nasi putih yang masih ngepul, sambal terasi yang wangi, tempe goreng, Pete Segar, Peda Merah Goreng, plus Kikil yang dicampur Pete Cina. Hmmm...sepertinya saya sudah tidak sabar menyanta hidangan pavorite saya ini, yang sudah lama tidak saya nikmati. Tanpa basa basi lagi, hidangan ini saya santap dengan lezatnya, saking asyiknya Kikil pun mejadi dicuekin :-), nasi pun sampai harus nambah 2x he..he..

Eh sampai lupa, mo share artikel-nya, berikut salinannya:

Pete tu mengandung 3 macam gula alami yaitu sukrosa , fruktosa dan glukosayang dikombinasikan dengan serat. Nah..kombinasi ini , ternyata bikin kita jadi sangat bertenaga! *wah buat maniak pete , bakal makin semangat ni ngeborong pete , ki’5 , tapi tunggu..sabar. .sabar…baca dulu artikelnya mpe abis yak?*

Riset membuktikan dua porsi pete aja..mampu memberikan tenaga yang cukup untuk melakukan aktivitas berat selama 90 menit.

Makanya , tau ga sih kalo makanan ini tu kesukaannya para atlet top!

Selain itu , pete juga banyak gunanya. Bisa juga ngebantu ngobatin beberapa
penyakit. Check this out! (dari berbagai sumber).

-Depresi

Menurut survei yang dilakukan oleh MIND diantara pasien penderita depresi , banyak orang merasa lebih baik setelah makan pete. Hal ini terjadi karena pete mengandung tryptophan , sejenis protein yang diubah tubuh menjadi serotonin. Inilah yang akan membuat relax , memperbaiki mood dan secara umum membuat seseorang lebih bahagia.

-PMS (premenstrual syndrome)

Jika mengalami PMS saat ' tamu ' datang , kamu ga perlu minum pil ini ataupun itu , cukup atasi dengan makan pete. Vitamin B6 yang dikandung pete mengatur kadar gula darah , yang dapat membantu mood.

-Anemia

Dengan kandungan zat besi yang tinggi , pete dapat menstimulasi produksi sel darah merah dan membantu apabila terjadi anemia.

-Tekanan darah tinggi

Buah tropis unik ini sangat tinggi kalium , tetapi rendah garam , sehingga sangat sempurna untuk memerangi tekanan darah. Begitu tingginya , sehingga FDA Amerika mengizinkan perkebunan pete untuk melakukan klaim resmi mengenai kemampuan buah ini untuk menurunkan resiko tekanan darah dan stroke.

-Kemampuan otak

200 siswa di Twickenham (Middlesex) tertolong dengan mudah melalui ujian pada tahun ini karena memakan pete pada saat sarapan , istirahat , dan makan siang. Riset telah membuktikan bahwa buah dengan kandungan kalium tinggi dapat membantu belajar dengan membantu siswa semakin waspada.

-Sembelit

Karena kandungan serat yang tinggi , maka pete akan mempermudah menormalkan kembali aksi pencernaan , membantu mengatasi permasalahan ini tanpa harus kembali ke laksativ..

-Obat mabuk

Salah satu cara paling cepat untuk menyembuhkan "penyakit" mabuk adalah milkshake pete , yang dimaniskan dengan madu. Pete akan membantu menenangkan perut dan dengan bantuan madu akan meningkatkan kadar gula darah yang jatuh , sedangkan susu akan menenangkan dan kembali memperbaiki kadar cairan dalam tubuh.

-Kekenyangan

Pete memiliki efek antasid pada tubuh , sehingga bila dada anda terasa panas akibat kebanyakan makan , cobalah makan pete untuk mengurangi sakitnya.

-Mual di pagi hari

Makan pete diantara jam makan akan menolong mempertahankan kadar gula dan menghindari muntah.

-Gigitan nyamuk

Sebelum anda meraih krim gigitan nyamuk , coba untuk menggosok daerah yang terkena gigitan dengan bagian dalam kulit pete. Banyak orang berhasil mengatasi rasa gatal dan bengkak dengan cara ini.

-Untuk saraf

Pete mengandung vitamin V dalam jumlah besar , sehingga akan membantu menenangkan sistem saraf.

-Kegemukan

Penelitian di Institute of Psychology Austria menemukan bahwa tekanan pada saat kerja menyebabkan orang sering meraih makanan yang menenangkan seperti coklat dan keripik. Dengan melihat kepada 5.000 pasien di rumah sakit , peneliti menemukan bahwa kebanyakan
orang mejadi gemuk karena tekanan kerja yang tinggi.

Laporan menyimpulkan bahwa , untuk menghindari nafsu memakan makanan karena panik , kita butuh mengendalikan kadar gula dalam darah dengan ngemil makanan tinggi karbohidrat setiap dua jam untuk mempertahankan kadarnya tetap.

-Luka lambung

Pete digunakan sebagai makanan untuk merawat pencernaan karena texturnya yang lembut dan halus.

Buah ini adalah satu-satunya buah mentah yang dapat dimakan tanpa menyebabkan stress dalam beberapa kasus yang parah. Buah ini juga mampu menetralkan asam lambung dan mengurangi iritasi dengan melapisi permukaan dalam lambung.

-Mengatur suhu tubuh

Banyak budaya lain yang melihat pete sebagai buah ' dingin ' yang mampu menurunkan suhu tubuh dan emosi ibu yang menanti kelahiran anaknya. Di Belanda misalnya , ibu hamil akan makan pete untuk meyakinkan agar si bayi lahir dengan suhu tidak tinggi.

Seasonal Affective Disorder (SAD) (penyakit emosional yang kacau)

Pete dapat membantu penderitas SAD kerena mengandung pendorong mood alami , tryptophan.

-Merokok

Pete dapat menolong orang yang ingin berhenti merokok. Vitamin B6 dan B12 yang ikandungnya , bersama dengan kalium dan magnesium , membantu tubuh cepat sembuh dari efek penghentian nikotin

-Stress

Kalium adalah mineral penting , yang membantu untuk menormalkan detak jantung , mengirim oksigen ke otak dan mengatur keseimbangan cairan tubuh. Ketika kita stress , kecepatan metabolisme kita akan meningkat, sehingga akan mengurangi kadar kalium dalam tubuh. Hal ini dapat diseimbangkan lagi dengan bantuan makan petai yang tinggi kalium.

-Stroke

Menurut riset dalam "The New England Journal of Medicine , " makan pete sebagai bagian dari makanan sehari-hari akan menurunkan resiko kematian karena stroke sampai 40%.

-Caplak

Mereka yang suka berpaling pada pengobatan alami akan berani bersumpah , jika kamu ingin mematikan caplak , maka ambil sepotong pete , dan letakkan di caplak itu.

Tetap pertahankan pete itu dengan menggunakan plester!
Lalu…setelah membaca semuanya , kamu pasti jadi percaya bahwa pete adalah obat alami untuk berbagai macam penyakit. Jika dibandingin ma apel , pete memiliki protein 4 kali lebih banyak , karbohidrat dua kali lebih banyak , tiga kali lipat fosfor , lima kali lipat Vitamin A dan zat besi , dan dua kali lipat jumlah vitamin dan mineral lainnya.

Jadi…mulai sekarang , jangan memandang sebelah mata ma buah satu ini…

Ternyata kaya nutrisi kan ?

Selamat mencoba…

Semoga gak yah hehehe.

========

Terlepas dari ilmiah atau tidaknya artikel ini, saya TETEP suka PETE......he..he..he...


Read More..

Indosat Broom...

Akhirnya jadi juga beli Broom-nya Indosat. Dengan beberapa pertimbangan yang disesuaikan dengan kebutuhan dan budget akhirnya saya pilih Broom Unlimited, paket internet prabayar termurah dari Indosat yang bisa diisi ulang lewat hp. Paket ini dibandrol Rp 1.499.000 dengan isi ulang voucher Rp 100.000.

Semula saya mau ngambil paket pascabayar-nya yang agak kencengan dan bener2 3.5G. Tetapi mengingat kebutuhan tidak terlalu perlu bandwith besar, akhirnya saya pilih paket hemat saja. Internet ini hanya digunakan sehari-hari dirumah oleh istri saya, agar tidak ketinggalan informasi juga dia bisa cari resep masakan yang lebih variasai lagi he..he...

Yah.. paling kebutuhan istri saya cuman browsing, sama chating doang, kesananya akan saya racuni dengan blogging. Tambahannya paling saya pake buat remot server kalau tidak dikantor. Sebelumnya kalau ada masalah saya selalu remote server pakai HP, dengan kartu Mentari, wuih....ternyata pulsanya boros banget bo...Dulu sempat nyobain Ax** pas masih promo, awalnya lumayan hemat dan stabil sih, tapi karena cari voucher Ax** susah (lebih gampang cari kartu perdananya waktu itu) ditambah makin kesini aksesnya makin lemot dan sering putus2, akhirnya beralih lagi ke lain hati.

Kemarin pagi-pagi sekali saya minta istri untuk ke galery indosat plaza semanggi. Sebab hari sebelumnya saya kesana pas jam istirahat ngantrinya lama buanget, akhirnya pulang dengan tangan hampa, coz gak enak terlalu lama ninggalin kerjaan.

Semalam langsung ditest, satu jam pertama masih putus-putus, tapi jam berikutnya aksesnya lumayan kencang dan stabil untuk ukuran internet paket hemat. Mudah2an saja kesananya bisa tetep stabil.

Saya coba test speed dari web-nya im2 lumayan dapat seperti ini :

Read More..

Lightsquid sang pemantau proxy

Baru-baru ini saya lagi coba beberapa proxy monitoring untuk kebutuhan pemantauan user pemakai internet di tempat saya. Saya dah coba beberapa tools, langsung diunduh dan test, dan akhirnya pilihan jatuh pada lightsquid. Kenapa pilih lightsquid? karena instalasinya mudah dan report-nya cukup lengkap sesuai dengan kebutuhan yang saya inginkan, bisa dilihat by day, by ip, ada top site dll

ini salah satu screen shoot-nya


Saat tulisan ini dibuat, versi terbarunya adalah v1.7.1, Untuk unduh softwarenya klik saja disini


Instalasinya gampang saja tinggal ikuti aja instruksi berikut:

Installation Instructions:

Required software:

  1. Perl
  2. http server (Apache, lighthttpd, etc)
  3. Squid
  4. Cron

or equivalent

in example i use Apache

1. Extract lightsquid.tgz into any folder

cd /var/www/htdocs/
mkdir lightsquid
cd lightsquid
tar -xzf lightsquid.tgz

set 'executable' flag for scrip

chmod +x *.cgi
chmod +x *.pl

change owner

chown -R apache:apache *
(where apache = httpd user)

2. Configure your Apache server

.cgi files must execute as CGI scrip

"/var/www/html/lightsquid">
AddHandler cgi-script .cgi
AllowOverride All

Restart apache

3. Edit lightsquid.cfg

4. If you want GROUP reports - edit group.cfg

format:

esl 01 SysAdmin
karlos 01 SysAdmin
thy 01 SysAdmin
Ivanov 02 Developer
Ivanov2 02 Developer
Petrov 03 Commerial
Petrova 03 Commerial
vasyav 04 room 312
petyava 04 room 312

5. If you want use REALNAME - edit realname.cfg

format:

esl Sergey Erokhin
karlos Super User1
thy Tech Good
Ivanov Developer numer one
Ivanov2 Developer numbe two
Petrov Good Commerial
Petrova Bad Commerial
vasyav Some User1
petyava Some User2

6. if you want graphics report

check graph report

7. run check-setup.pl

if all done try next step
else check config file.

8. Try run lightparser.pl

if everything is ok no messages will be produced

parse old statistic
./lightparser.pl access.log.1.{gz|bz2}
./lightparser.pl access.log.2.{gz|bz2}
./lightparser.pl access.log.3.{gz|bz2}
...

9. Try to use lightsquid

Using your favorite browser enter http:///lightsquid/

10. Setup crontab to run lightparser once per hour

crontab -e
This example will execute parser every 20 minutes

*/20 * * * * /var/www/htdocs/lightsquid/lightparser.pl today

if you have small log and fast machine, you may run lightparser with smaller delay
warning not set interval less 10 min

11. All done!

12. If you have problems, define $debug variable in lightsquid.cfg and rerun lightparser.



Read More..

Sedikit Tips Tentang REM Cakram

Ada sedikit tips masalah REM Cakram neh. Bagi bikers yg motornya menggunakan rem cakram tentu ada waktunya untuk mengganti kampas rem yg telah habis. Akan tetapi tahukan apa tanda-tanda yg terjadi bila kampas rem cakram sudah mau habis?.

Jangan sepelekan hal ini karena ini akan penyangkut keselamatan anda sebagai Biker.

Tanda Kampas Rem Cakram sudah mau habis adalah :
1. Tarikan rem akan lebih dalam dari biasanya.
2. Minyak rem mulai menyusut, bisa diintip pada kotak indikator batas ketinggian minyak rem.
3. Rem terkadang ada (break) terkadang hilang (loss) atau kasus ini biasa disebut kempos.
4. Anda sudah di rumah sakit karena tidak bisa melakukan rem mendadak.

Begitu pentingnya masalah rem sehingga bila dirasakan sedikit saja, sekali lagi sedikit saja ada gangguan dalam masalah rem agar segera, secepatnya, saat itu juga memeriksakan motor anda ke bengkel langganan anda...!!!

Bila hanya onderdil lain saja yang rusak, ini membuat kendaraan anda saat itu juga tidak bisa jalan, dan anda masih bisa dorong. Tapi lain halnya dengan rem bila rusak, kendaran anda akan tetap melaju tapi tidak bisa berhenti. Inilah yang membuat gangguan sedikit saja pada masalah rem menjadi peringkat nomer satu untuk segera diperbaiki.

So Bros.. plss deh, bila habis di service rutin jangan ragu-ragu minta cek Rem kendaraan anda baik depan maupun belakang, bila telah selesai tanyakan sekali lagi dan minta diuji dulu di jalan.

Jangan lupa cari tahu dan tanyakan saja pada mekanik anda hal-haltentang rem, untuk menambah pengetahuan anda, dalam menggunakannya, merawat dan memilih jenisnya.

Sebab tidak sedikit kampas rem yg buruk digunakan orang banyak, dan bila hujan turun maka rem tersebut tidak berfungsi (loss),

it's very dangerous bro.

Read More..

How different are you?

How different are you?, itulah topik pada kamis malam 13 Nov 2008 MTBA (Mario Teguh Business Art) yang disiarkan secara live di Televisi lokal O'chanel pada setiap kamis malam pukul 21.00 WIB.

Yups... saya sangat menyukai acara ini sudah cukup lama, bahasannya sangat lugas dan menggugah motivasi diri untuk berubah kearah yang lebih baik. Bahkan kalau tidak sempat menyaksikan siaran live-nya, saya selalu menyaksikan siran tundanya pada setiap sabtu pukul 20.00 atau minggu pukul 13.00. Tapi baru kali ini saya coba tulis resume-nya.

Pada awalnya saya sering rebutan chanel tv dengan istri saya, kebetulan acaranya bentrok dengan sinetron kesayangannya. Tetapi lama kelaman diapun mulai menyukai acara ini, apalagi kalau topik nya sangat pas dengan pengalaman pribadinya he..he...

Saya lebih senang lagi dengan acara ini, karena acara serupa dengan pembicara yang sama yaitu Pak Mario Teguh, juga disiarkan di MetroTV tiap hari minggu malam mulai pukul 19.00. Acara yang diberi nama MTGW (Mario Teguh Golden Ways) ini semakin meriah dan menyegarkan ruang keluarga kami.

Ups... jadi ngelantur gini neh, padahal mau sharing topik-nya Pak Mario Teguh tadi malam :-). Ok, topik tadi malam adalah How different are you?.

Rangkuman topiknya kurang lebih sebagai berikut :
Rangkuman ini juga saya himpun dari beberapa catatan teman2 yang dengan baik hati mau share catatanya dengan kami sesama penyimak MTBA dan MTGW, spesial thanks to Pak Mujiran, SM 0579.

Super Point ke-1

Being different alone is not enough.

Menjadi lain saja tidak cukup, Perbedaan Kita harus Significant untuk menjadi penting.
Karena apabila bedanya tidak cukup besar Maka perbedaan itu akan disamakan.
Perbedaan yang disebut aneh itu karena perbedaan kita belum diterima.

Bagaimana Kita memulai dari suatu tempat dimana kita tidak berada atau memulai dengan sesuatu yg belum Kita miliki ?

* Fokus pada yang Kita miliki, itu perbedaan Pertama.
* Gunakan dengan sebaik baiknya, itu perbedaan ke 2.
* Buat orang Menerima, dan itu perbedaan ke 3.


Super Point ke-2

Bangunlah sebuah perbedaan yg cukup untuk diperhatikan, karena perbedaan yg cukup diperhatikan adalah awal dari terbukanya semua kemungkinan.

Kemungkinan - kemungkinan itu tidak menjadi sesuatu yang nyata apabila kita tidak diperhatikan orang,
Karena perhatian orang kepada kita membuat mereka bersabar mendengarkan alasan kita, ,bersabar menerima kekeliruan - kekeliruan kita, bersabar menunggu hasil kita.
Sedangkan orang yg tidak diperhatikan, menerima ketidaksabaran orang terhadap dirinya.

All Great things were once imposible

Semua hal yang Besar itu dulunya tidak mungkin dan disepelekan.
Seperti ; kapal terbang, Mendarat di bulan, Komputer, dll.

Hanya tinggal apakah Kita dapat bersabar menjadi pribadi yg menghebatkan diri Kita sendiri, selama Kita diabaikan orang.
Karena Penjelasan kepada orang yang meragukan Anda tidak akan mengubahnya, karena niatnya adalah meragukan Anda.
Tetapi kualitas yang Kita bangun dalam diri sambil mengabaikan orang yang mengabaikan itu menjadikan mereka orang yg menghormati Kita nanti.


Super Point ke-3


Sikap tidak semuanya membesarkan, Justru ada sikap yg mengecilkan

Sikap yg membesarkan kita adalah :

-Memperhatikan yg harus diperhatikan
-Dan mengabaikan yg harus diabaikan

Kita ini sering menjadi kecil karena memperhatikan yg tidak penting dan mengabaikan yang penting.
Apapun yg dikatakan orang yang tidak berpihak pada kebaikan Kita, harus diabaikan.
Kritik bahkan penghinaan,bentakan,diusirnya kita tetapi kalau itu tujuannya untuk kebaikan, Harus Kita Hormati.


Super Point ke-4

Banyak diantara kita menginginkan sesuatu yang baru tanpa menjadi pribadi yang baru

Maka Anjurannya,
-Belajarlah untuk merasa nyaman menjadi pribadi yg bukan anda.
-Kita demikian kuatnya dalam konsep tentang yang kita seharusnya, sehingga menolak menjadi pribadi yang bukan kita.
-Apabila kita ingin menjadi berhak bagi kualitas kehidupan yang baru maka biasakanlah diri menjadi pribadi yg bukan kita.


Berpura – Pura

Sebetulnya kita semua sudah berpura pura. Hanya saja masyarakat membenci kepura pura an yg mengambil keuntungan dari orang lain.

Pura-pura itu tidak bernilai Positif atau Negatif, Tetapi Netral. Yang menjadikannya jelek adalah kepura pura an yang mengambil keuntungan dari orang lain yang biasa kita sebut kepalsuan.
Apabila tujuan kepura-puraan kita untuk membahagia kan orang lain, Maka pura - pura lah.


Super Tips

Pribadi yg tidak memusingkan perbedaan antara kesempatan dan Hambatan Lalu menghadapi dua duanya untuk menambang Nilai dari keduanya akan menjadi Bintang yang cemerlang

Cara terdekat untuk menjadi hebat adalah meniru orang Hebat

Copying is ok..

Menjiplak No way

Karena Meniru itu ada jaminannya yaitu Dijamin Tidak akan pernah berhasil, Tetapi anda akan menemukan diri anda yang baru dan mungkin lebih baik dari orang yang Anda tiru.



Ketika lingkungan kita meragukan akan keberhasilan kita,
Tanyakan pada diri sendiri, Apakah orang yang meragukan anda akan memberi santunan pada saat anda gagal?

Jawabannya Tidak.., Maka abaikan.

Cantiknya keberhasilan karena Kita telah banyak diragukan.


Wise Card

Yang membedakan di antara kita adalah pendapat pribadi tentang Nilai kita bagi kehidupan.
Orang yang pendapatnya baik tentang dirinya ( bernilai bagi dirinya) maka akan hati-hati.

Dia akan melihat hambatan, penolakan dan halangan dari orang lain adalah karena mereka tidak mengerti Nilai kita . Apabila kita sabar ,mencoba dan mengupayakan maka kita akan sampai pada keadaan dimana orang menghormati kita untuk Nilai Kita Bagi mereka.

Kesimpulan

Jangan lagi risaukan bahwa anda Berbeda.

Beberapa orang kadang-kadang tidak menyadari bahwa kekurangannya adalah justru perbedaan yg menjadikannya tanpa berupaya, telah menjadi kelihatan.

Bangunlah perbedaan yang memenangkan perhatian orang, kemudian Jadikan itu menguntungkan bagi lingkungan anda.

Terimakasih Pak Mario atas ilmunya, jangan bosan untuk senatiasa membagi ilmu2 yang Bapak miliki kepada lami.

Read More..