Spiga

salamsuper

Teknologi web 2.0

Apa sih web 2.0 itu?, sepertinya masih banyak orang yang belum tahu istilah ini. Juga tidaklah banyak orang yang bergelut di bidang IT yang menjelaskan tentang istilah ini. Baiklah disini kan coba bedah berdarkan beberapa referensi yang didapat. Yang disebut web 2.0 yaitu salah satu trend "buzzword" dari bidang internet yang terkini. Teknologi ini diprakarsai oleh Dale ugherty dari Media O'Reily (yang terkenal dalam bidang penerbitan buku-buku baik dalam bidang IT maupun dalam bidang lainnya).

Web 2.0 ini merupakan hasil dari penelitian Dale dan Craig Cline dari MediaLive http://www.web2con.com/). Akirnya di bulan Oktober 2004 O'Reilly Media, Battle dan MediaLive melakukan konfrensi web 2.0 pertama dan yang kedua pada bulan Oktober 2005. Tetapi sebelumnya ada istilah web 2.0 dipakai dengan istilah semantec web.
Web 2.0 yaitu suatu inovasi dan fitur-fitur baru yang muncul dalam bidang web, serta membawa kemajuan baru pada jenis situs web atau aplikasi web. Walaupun sudah terdengar cukup lama oleh para praktisi web, namun masih banyak yang bertanya mengenai fungsi dan kegunaan web 2.0 hasil dari penelitian ini.

Web 2.0 merupakan teknologi web yang menyatukan teknologi-teknologi yang ada untuk membangun suatu web, seperti gabungan dari HTML,CSS,JavaScript,XML,dan tentunya yang sedang panas-panasnya sekarang yaitu AJAX (Tentunya bukan team bola dari belanda).
Perkembangan web 2.0 lebih menekankan pada perubahan cara berpikir untuk menyajikan isi atau content dan tampilan dari suatu web. Web 2.0 juga diaplikasikan dalam bentuk halaman web, yang sifatnya seperti program dekstop yang umum pada windows, seperti drag and drop, auto-complete dll.

Aplikasi web 2.0 disajikan pada suatu web browser tidak memerlukan teknologi canggih dari sisi user, seerti MS Words,MS Excell,FrontPages dll. Teknologi Web 2.0 merupakan fasilitas yang gratis yang bisa digunakan tiap waktu. Masalah yang berkenaan dengan manajemen file juga tidak terlalu susah, selain itu filenya bisa disimpan dan bisa disharing oleh user lain, semacam napster (http://napster.com/). Salah satu teknologi web 2.0 ini bisa dilihat pada aplikasi spreadsheet milik Google yang mengolah angka-angka sepertihalnya MS Excel (http://spreadsheets.google.com).

Kelebihan dibangunnya web 2.0 yaitu memberikan user dan system tidak sulit dalam rinteraksi. Jadi web 2.0 merupakan layanan web buat si user, dan si user diberikan keleluasaan dan kemudahan dalam hal layanan yang ada. Misalnya dalam hal user interface suatu web yang menggunakan teknologi flex (aplikasi rich internet yang basisnya flash), lazio (bentuk dasar dari aplikasi flash yang open source), atau menggunakan aplikasi ajax di gmail atau google map.

Akan tetapi contoh web 2.0 dan web 1.0 atau web biasa semodel, program yang bisa menghasilkan uang di internet, dimana si user hanya menempelkan iklan atau gambar pada tiap halaman web nya. Contoh untuk web 2.0 yaitu google AdSense sedangkan untuk web 1.0 yaitu double click. Web 1.0 untuk suatu layanan untuk sharing foto, di motori Lisa garisky dan kamran,yang dimulai dari Berkley California. Web-nya mulai launching tahun 1993 bulan desember, yang diberi nama ofoto. Sedangkan untuk web 2.0 yaitu flicker suatu management foto, dan berbagi aplikasi (http://www.flickr.com/aboutus).

Web 1.0 untuk suatu layanan dari suatu perusahaan yang menyediakan platfom komputer untuk global internet content (http://www.akamai.com/), sedangkan untuk web 2.0 yaitu BitTorent (http://www.bitorrent.com/) suatu protokol dan share file yang dikenal dengan istilah P2P (Peer to Peer).

Web 1.0 untuk layanan download lagu-lagu dari format mp3 (http://www.mp3.com/). Sedangkan untuk web 2.0 yaitu nepster, salah satu raksasa untuk musik online, share file yang dimotori oleh Shawn Flaning (http://www.napster.com).

Web 1.0 untuk suatu layanan ensiklopedia yaitu Britanica Online (http://www.britannica.com/). Sedangkan untuk web 2.0 suatu multibahasa yang isinya bebas diisi oleh siapa saja.
Web 1.0 untuk suatu browser pada jamannya Netscape Navigator ini hasil dari produk America Online (AOL), walaupun tampilannya agak kaku tetapi masih bisa dipake untuk platfom windows, mac dan unix. Sedangkan untuk web 2.0 yaitu suatu raksasa seach engine yang sekarang banyak dipakai oleh para praktisi atau user yang mengalahkan kedigjayaan Yahoo, yaitu Om Google.

Jadi kesimpulannya web 2.0 pada umumnya suatu teknologi yang gratis atau yang lebih dikenal dengan sebutan Open Source, dan murni menggunakan web base, dan sangat memudahkan untuk share atau upload dan download data.

0 komentar: