Spiga

salamsuper

Olah Raga Itu Penting Ya...


Bagaimana jadinya kalo tubuh ini tidak dibiasakan dengan berolah raga. Walaupun mungkin porsi olahraganya tidak sepertihalnya olahragawan ataupun atlet. Tubuh akan tidak terkontrol, kolesterol tingggi, otot jadi lembek. Dan yang terpenting kekebalan tubuh akan menurun, yang mengakibatkan tubuh akan mudah terserang berbagai jenis penyakit.

Islam ternyata jauh sebelumnya mengajarkan tentang olah raga ini, bahkan Rosulallah SAW, pernah berpesan kepada kita ummatnya, agar kita senantiasa mengajarkan generasi kita untuk memanah,berkuda dan berenang. Hal ini dimaksudkan supaya tubuh kita terampil dan terlatih.

Sama halnya dengan yang terjadi pada kebanyakan orang, termasuk diriku sendiri. Dulu sebelum hijrah ke Ibu kota ini, aku sempat bekerkerja di Kota kembang Bandung dan Kota Padi yang sekarang jadi kota industri Karawang. Disana pola hidupku cukup terjaga, dari makanan dan berolahraga rutin. Hasilnya alhamdulillah walaupun tidak pernah mengikuti kompetisi karena itu bukan targetku, kondisi tubuh jadi lebih terjaga, lebih fit, dan lebih kebal terhadap penyakit. Bekerjapun jadi lebih semangat dan berenergi.

Kini tiga bulan lebih aku harus bekerja di Ibu kota, aku akui sangat jarang sekali mengikuti kegiatan olah raga. Pernah suatu saat sekedar lari-lari kecil di akhir pekan ke Monas dan senayan, tetapi disana terlalu banyak pemandangan yang tidak sepantasnya dilihat, akhirnya aku di rumah saja. Pola makan pun kurang terkontrol, dan hasilnya kolesterolkupun naik tajam, badanku pun kurang fit, dan terutama perut menjadi buncit. Malahan suatu ketika aku menggendong Monic Putri temanku yang usianya baru 3 tahunan, dia meraba-raba perutku yang buncilt, sambil bilang "om..om..,diperutnya ada dedenya yah...?, " katanya dengan polosnya, aku nyengir aja.

Sabtu sore kemarin temanku ngajak ikutan olahraga fitnes, di pusat kebugaran yang tempatnya tidak begitu jauh dari tempat tinggalku. Aku ikutan saja, aku hanya mencoba beberapa alat saja yang berada disana. Walaupun sebelumnya pemanasan dahulu, dan porsi latihannya sangat ringan, tetapi mungkin karena sudah lama tidak berolahraga, keringatku sangat banyak dan nafasku lumayan ngosngosan.

Kami latihan hanya sekitar dua jam, itupun diselangi dengan banyak istrahar. Malam harinya tubuhku serasa remuk dan pegal-pegal, terutama tangan kiriku susah digerakan, sampai beberapa kali aku terbangun dan harus menggosok tangan kiriku dengan balsem anti nyeri. Subhanalloh, ternyata tubuh ini sangat lemah kalau tidak terlatih, malahan sampai hari ini pegal-pegal dipunggungku masih sangat terasa. Padahal porsi latihan seperti ini sudah biasa aku lakukan sebelumnya ketika aku di Karawang. Mungkin karena sudah tiga bulan lebih tidak dilatih kali yah...

Sangatlah pantas islam mengajarkan "Mukmin yang kuat lebih bagus dan lebih dicintai oleh Alloh daripada mukmin yang lemah." Yuk cintai tubuh kita dengan rajin berolahraga ...!

0 komentar: